LOMBA DEKORASI KELAS



LOMBA KEBERSIHAN DAN DEKORASI ANTARKELAS
 MTs AMANAH RUTENG

Pada bulan Desember lalu, sekolah kami mengadakan berbagai macam perlombaan untuk memeriahkan hari Amal Bakti Kementerian Agama. Salah satu perlombaannya adalah lomba kebersihan dan dekorasi antarkelas. Saya akan menceritakan mengenai bagaimana kami menata ruang kelas kami dalam perlombaan ini.
Selain kebersihan, kreativitas dalam menata ruang kelas untuk menjadikannya ruang kelas yang nyaman untuk belajar juga menjadi poin yang penting. Setiap kelas diberi kesempatan untuk memilih tema dalam menata ruang kelasnya. Di sini dibutuhkan kerjasama yang apik antara wali kelas dan semua siswanya.
Tema yang kami pilih adalah sosial media. Awalnya saya tertarik dengan tema Harry Potter karena saya pecinta film dari Penulis terkenal J.K Rowling. Tapi setelah dipikir-pikir nanti nuansanya akan hitam dan gelap sehingga saya membatalkan niat saya. Kenapa saya memilih tema sosial media ya bisa dibilang sekarang jamannya internet, semua orang dengan mudah mengakses internet dan yang paling menarik adalah banyaknya aplikasi-aplikasi sosial media yang sangat mudah untuk diunduh. Semua siswa dalam kelas saya rata-rata memiliki beberapa akun sosial media seperti facebook, instagram, path, twitter dan sebagianya. Atas dasar itulah saya memilih tema yang sangat dekat dengan kehidupan para siswa dengan tetap memasukaan unsur-unsur pendidikan di dalamnya.
Berikut akan saya bagikan hasil kreativitas saya bersama siswa kelas IX A Mts Amanah Ruteng.

1.    Pintu 


Untuk pintu kelas, kami cukup menempelkan tulisan seperti pada gambar di atas.
Terdapat kalimat Assalamualaikum dalam bahasa Arab sesuai dengan nuansa madrasah yang kental akan nilai Islami. Di bagian bawah terdapat tulisan WELCOME IX A dalam Bahasa Inggris untuk merangsang siswa agar bisa menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional karena di sekolah kami terdapat program English Day, dimana setipa hari Jumat semua warga sekolah menggunkan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Saya sendiri juga berkeinginan bisa fasih berbahasa Inggris, tapi cukup sulit untuk memraktikannya.

2.      Roster Harian



Untuk jadwal pelajaran hariannya, kami memanfaatkan stereoform yang ditempeli dengan mata pelajaran dari hari Senin sampai Jumat. Rosternya sendiri kami tempel di bagian depan kelas agar bisa selalu dibaca siswa. Untuk hari Sabtu diisi dengan kegiatan ekskul dan pramuka.

3.      Quotes 


Bagian belakang kelas kami menempelkan kertas manila yang berisi kata-kata mutiara dari setiap siswa yang diharapkan bisa menjadi motivasi belajar agar mereka lebih semangat dalam mencapai cita-cita.

4        Jadwal Piket


Dengan kreativitas dan bakat menulis yang dimiliki siswa kami, jadwal piketnya terlihat cukup bagus dan sangat unik.

      Facebook Kelas

Karena tema kami adalah sosial media, pasti akan ada sesuatu yang berbau facebook. Kata facebook sudah tidak asing di telinga kita. Dengan kreativitas siswa papan pengumuman kelas unik pun tercipta dalam bentuk facebook kelas. Seperti facebook yang asli yang biasa digunakan untuk memosting status dan foto, facebook kelas juga kami gunkan untuk hal yang sama. Jika ada pemberitahuan, saya selaku wali kelas hanya perlu menulis di kolom info, wall atau notes. Di kolom foto kami isi dengan foto-foto kebersamaan kami. Sedangkan pada kolom likes (halaman yang disukai) saya memasukan postingan tentang Islam dan Biologi, karena saya seorang guru Biologi.
Dan ternyata facebook kelas kami mejadi salah satu daya tarik dari bagi dewan juri.

6.      Denah Kelas

Tidak kalah unik dari facebook kelas, kami juga telah menciptakan denah kelas anti mainstream.
Denah kelas kami bertemakan instagram. Salah satu sosial media yang banyak digemari juga. Kami memasang foto pada kertas coklat yang merupakan warna dasar instagram dan disertai logo instagram. Foto para siswa disusun berdasarkan tempat duduknya. Untuk ide ini, saya dapat dari kebiasaan siswa yang suka selfei dan memostingnya di sosial media. Maka dari itu ketika saya menyampaikan ide saya mereka sangat antusias. Bisa dilihat dari foto mereka di atas yang suka narsis. Itulah mereka, siswa yang selalu heboh tapi mereka sangat kreatif dan berbakat. Ini hanya salah satu contoh dari hasil kreativitas mereka. Ini juga menjadi daya tarik bagi dewan juri.

7.      Hanya kepada Allah semua masalah bisa terselesaikan

Dari semua hasil kreativitas kami, bisa dibilang bagian inilah yang paling penting dan yang paling saya sukai. Tulisan ini kami tempel di bagian samping kelas yang bisa terlihat jelas saat masuk ke dalam kelas. Tulisan ini bertujuan untuk mengajarkan kepada kita semua bahwa sehebat-hebatnya Google dalam menjawab pertanyaan tidak akan bisa menjawab semuanya. Segala sesuatu di dunia ini kepunyaan Allah SWT. Jika sekarang orang-orang cenderung menceritakan masalah mereka di sosial media, kita sering lupa bahwa Allah yang akan selalu mendengar dan melihat apa yang menjadi masalah pada diri kita. Sering kali pula kita merasakan kepenatan jika menghadapi masalah yang rumit yang membuat otak kita buntu. Tapi apa yang kita lakukan??? Berpikir bahwa dengan memosting di sosial media adalah cara yang tepat untuk menyelasaikannya. Ternyata tidak! Masalah yang terjadi di dunia nyata harus diselesaikan di dunia nyata pula bukan di dunia maya. Jika kuota anda habis masih ada sejadah yang mau mendengar keluh kesah anda. Karena curhat yang sudah pasti mendapatkan solusi adalah kepada Allah SWT bukan di sosial media, bonusnya juga bisa membuat hati menjadi tenang. 

Lainnya

Ruang kelas IX A

Dan akhirnya dengan semangat dan kerja keras kami selama kurang lebih seminggu dalam mempersiapkan semua ini. Alhamdulillah, kelas kami berhasil menjadi juara 1 dalam lomba kebersihan kelas. Selain itu kelas kami juga memenangkan beberapa jenis lomba lainnya. Walaupun hadiahnya tidaklah seberapa, bukan itu tujuan utama dari perlombaan ini. Lomba ini diadakan untuk mempererat kekeluargaan seluruh warga madrasah untuk menciptakan hubungan yang harmonis penuh cinta, kasih dan sayang. Selain itu juga lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan bakat siswa yang unik dan inovatif.






“It’s not about winning or lossing, it’s all about togetherness”






Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Comments

Popular posts from this blog

KEBUN AJAIB NARRA

IBU, KATA TERINDAH DI DUNIA